085927484535 mail@himatikauny.org

AKSOS MERPATI 2019

Aksi Sosial HIMATIKA FMIPA UNY kembali hadir untuk menebarkan kebahagian kepada sesama yang sudah digelar pada tanggal 15-17 November 2019 bertempat di Dusun Gupakan, Giripanggung, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Aksi sosial tahun ini memiliki nama baru yaitu Aksos  MERPATI atau Aksi Sosial Matematika Berbagi, Peduli Sepenuh Hati dengan tagline “Buka Hati Mari Beraksi, Satukan Tangan Berjuta Aksi”.

Kegiatan yang merupakan follow up dari SDP Leadership ini memiliki serangkaian kegiatan yang kegiatan intinya dimulai pada hari Sabtu, 16 November 2019. Pada hari Sabtu, kegiatan yang dilaksanakan adalah microteaching di SDN Kropak yang dilanjutkan dengan pengembangan kreativitas anak-anak dan pelatihan cuci tangan. Selain itu, pada pukul 09.30 terdapat cek kesehatan dan pengambilan sembako murah yang bertempat di Balai Dusun Gupakan. Pada pukul 13.00 kegiatan dilanjutkan dengan bazar pakaian layak pakai. Sore harinya, terdapat kegiatan TPA untuk anak-anak di Masjid Gupakan. Pada malam hari setelah salat Isya selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pengajian yang diadakan di Balai Dusun Gupakan yang terlaksana sampai pukul 22.00 WIB.

Kegiatan hari Minggu, 17 November 2019 merupakan hari terakhir di Dusun Gupakan dengan semangat panitia maupun warga Dusun Gupakan yang masih membara. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari itu adalah senam dan lomba anak-anak yang diadakan di SDN Kropak. Selain itu, ada kegiatan gotong royong berupa bersih-bersih Masjid Gupakan, bersih-bersih lingkungan, dan memasang beberapa plang petunjukan arah untuk Dusun Gupakan. Setelah kegiatan gotong royong, lalu dilanjutkan kegiatan ibu-ibu yaitu membuat pudding jagung, kami memilih pudding jagung karena di Dusun Gupakan terdapat sumber daya alam yang melimpah yaitu jagung.

Setelah serangkaian kegiatan selama tiga hari selesai, acara dilanjutkan dengan berpamitan dengan Bapak Kepala Dusun Gupakan. Pamitan ini sebagai tanda bahwa kegiatan aksi sosial ini telah berakhir. Meskipun tak banyak yang dapat diberikan, diharapkan kegiatan ini bisa membantu masyarakat di Dusun Gupakan.