087827505995 (Awan) / 085731640924 (Wikrama) himamatematika.uny@gmail.com

Lomba dan Seminar Matematika (LSM) merupakan agenda rutin yang diselenggarakan setiap tahun oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Pada tahun ini, LSM memasuki tahun ke-28. Dilandasi dengan adanya kebutuhan informasi dan pengetahuan yang berkaitan dengan perkembangan Artificial Intelligence dan Big Data. LSM tahun ini mengangkat tema seminar “Peran Matematika dan Pendidikan Matematika Guna Mengoptimalkan Artificial Intelligence dan Big Data di Era Teknologi Digital.” Selain Seminar Nasional terdapat juga beberapa rangkaian acara seperti lomba matematika nasional tingkat SMP, SMA, dan Mahasiswa dengan tema “Mengoptimalkan Masa Depan Dengan Matematika.”

Sabtu, 7 Maret 2020 Seminar Nasional ini diikuti oleh lebih dari 200 peserta pemakalah dan non-pemakalah. Peserta seminar merupakan pemerhati, pakar, peneliti, dosen, guru maupun mahasiswa matematika dan pendidikan matematika dari berbagai institusi. Acara ini dibersamai oleh Bapak Rektor, Dekan, Ketua Jurusan dan Program Studi Pendidikan Matematika, Ketua Program Studi Matematika dan Statistika, Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Dan dua pembicara penting dalam perkembangan Pendididkan Matematika di era teknologi digital. Kedua pembicara tersebut yaitu Ibu Rustika Helambang dan Ibu Sri Andayani bersama Pak Rully Charitas.

Acara dimulai pada pukul 08:00 dengan pembukan para Master Ceremony dari  Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Negeri Yogyakarta yakni saudara Fachrur Rozi angkatan 2019 dan saudari Andini Jihan Ningrum angkatan 2019. Dan Dilanjutkan dengan Tilawah Qur’an yang dilantunkan oleh saudara Syaifullah Yusuf, Ketua Himpunan Mahasiswa FMIPA UNY. Setelah itu, semua peserta Seminar Nasional berdiri ketika menyanyikan Indonesia Raya yang dimeriahkan oleh Padus Himatika FMIPA UNY. Selanjutnya Sambutan dan laporan dari mahasiswa Genta Maulana Mustofa sebagai ketua panitia seminar LSM XXVIII. Dalam sambutannya, Genta Maulana Mustofa berterima kasih atas dukungan dari berbagai pihak sehingga panitia dapat melaksanakan LSM XXVIII ini dan melaporkan beberapa terkait tentang konsepsi perlombaan dalam LSM tahun ini. Sambutan selanjutnya dari Bapak Ariyadi sebagai Ketua Jurusan dan terakhir sambutan beserta pembukaan Seminar Nasional oleh Bapak Ali Mahmudi sebagai WD bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

LSM XXVIII ini diisi oleh Ibu Rustika Helambang yang menjelaskan tentang Big Data dan Real-Timr Data menurut tingkat respon netizen dan Ibu Sri Andayani bersama Pak Rully Charitas sebagai pembicara kedua yang membahas tentang peran Matematika dalam AI dan Tren Kepenulisan Big Data untuk Pendidikan Matematika dalam acara Seminar Nasional yang diadakan di Digilib Lt. 4, Universitas Negeri Yogyakarta.

Selain Seminar Nasional yang dilaksanakan, rangkaian kegiatan LSM XXVIII lainnya yakni Lomba Matematika Tingkat SMP, SMA, dan Mahasiswa dengan tema “Mengoptimalkan Masa Depan Dengan Matematika.”

Pada tanggal 22 Februari 2020, babak penyisihan secara serentak di 12 wilayah yaitu Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Bali, Banjarmasin, dan Makassar telah dilaksanakan dengan baik.

Pada babak penyisihan tersebut telah diikuti oleh 838 peserta SMP dan SMA sederajat yang akan dipilih 50 peserta untuk mengikuti babak semifinal dan final pada tanggal 7 Maret 2020, serta untuk 147 tim Kompetisi  Mahasiswa akan diambil 15 Tim yang akan mengikuti babak semifinal dan final pada tanggal 7 Maret 2020 di Fakultas Ilmu Matematika dan Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.

Sabtu, 7 Maret 2020 di ruang seminar FMIPA UNY. Pukul 07:30 setelah registrasi ulang, acara babak semifinal dan final dibuka dengan sambutan dari Ibu Syarifah Inayati sebagai Pembimbing dan saudari Firdah Nur Aeni sebagai Ketua Lomba Matematika. Perlombaan berlangsung sesuai konsep dari konseptor LSM XXVIII.