087827505995 (Awan) / 085731640924 (Wikrama) himamatematika.uny@gmail.com

Studi Laboratorium Matematika HIMATIKA FMIPA UNY 2018 yang lebih dikenal dengan sebutan SLM 2018 merupakan agenda tahunan HIMATIKA FMIPA UNY untuk menyambut mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Matematika. Kegiatan SLM 2018 ini dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus, 8 September, 15 dan 16 September 2018.

Kegiatan pada hari pertama adalah Technical Meeting yang dilaksanakan pada hari Selasa, 21 Agustus 2018 bertempat di Ruang Seminar FMIPA UNY. Kegiatan dimulai dengan briefing panitia pada pukul 06.30 WIB. Setelah itu, mahasiswa baru memasuki ruangan pada 07.30 WIB dipandu oleh Dzaki Abdurrahman dan Genta Maulana Musthofa sebagai Master of Ceremony. Jargon SLM dan salam khas matematika pun menjadi pemeriah dalam kegiatan tersebut. Acara kemudian dilanjutkan dengan pengenalan panitia Studi Laboratorium Matematika serta menyanyikan lagu HIMATIKA dan lagu SLK. Selanjutnya mahasiswa baru berkumpul  menurut Student Development Program (SDP) masing-masing yang dilaksanakan di Gedung FMIPA UNY. Setelah itu, Ishoma yang dilanjutkan dengan pembagian kelompok pensi yang berlangsung seru. Kepemanduan menjadi penutup TM pada hari tersebut. Acara berakhir pukul 14.15 WIB dan dilanjutkan dengan kepemanduan masing-masing kelompok.

Kemudian pada hari kedua dilaksanakan Lomba Esai Matematika di Ruang Seminar FMIPA UNY. Ketentuan pembuatan esai telah disampaikan kepada mahasiswa baru saat kegiatan TM dan pengumpulan esai dijadwalkan seminggu setelahnya. Kemudian dilakukan penjurian dan diambil enam besar untuk mempresentasikan esainya pada hari Sabtu, 8 September 2018.  Setiap kelompok memiliki waktu 15 menit untuk mempresentasikan esai, termasuk juga sesi tanya jawab. Selain lomba esai, kegiatan ini juga disertai dengan acara Mathematics Competition yang dilaksanakan sebelum presentasi esai berlangsung. Selanjutnya, setelah Mathematics Competition selesai, dilanjutkan dengan penyampaian materi olimpiade yang disampaikan oleh Bapak Ilham Rizkianto selaku pembimbing olimpiade dan perkenalan IKAHIMATIKA dan IHMSI oleh Zudhy Nur Alfian dan Arif Imam Fauzi selaku pengurus aktif ikatan tersebut.

Pada hari ketiga sekaligus sebagai puncak acara Studi Laboratorim Matematika. Registrasi dimulai pukul 07.30 WIB, ditandai dengan masuknya mahasiswa baru di  Dekanat Selatan FMIPA UNY. Para mahasiswa disambut hangat oleh panitia, diarahkan ke meja KSK untuk melakukan registrasi dan pengecekan perlengkapan. Pakaian hitam putih dengan atribut khas dari masing-masing kelompok menghiasi suasana registrasi. Pengondisian pun segera dilakukan panitia agar mahasiswa baru lebih tertib. Kemudian MC membuka acara SL, suasana menjadi khidmat ketika dibacakan tilawah oleh Ahmad Bazuri. Setelah itu, sambutan disampaikan secara bergantian dimulai dari ketua panitia, dan kemudian dilanjutkan Ketua HIMATIKA. Setelah rentetan acara tersebut, dilanjutkan dengan Journey on MIPA dan penyampaian Selayang Pandang Prodi. Mahasiswa baru  diarahkan MC menuju ruangan sesuai prodi masing-masing. Prodi Statistika diarahkan ke ruang D.07.2.01.09, Prodi Pendidikan Matematika diarahkan ke ruang dan D.07.2.13.08, dan Prodi Matematika diarahkan ke ruang D.07.2.01.07. Didalam ruangan, mahasiswa baru mengikuti selayang pandang Prodi yang kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab antara Ketua Prodi dan mahasiswa baru.

Journey On MIPA dilaksanakan di hari yang sama dengan selayang pandang prodi Acara ini dilaksanakan pukul 08.25  WIB hingga 10.05 WIB. Journey On MIPA dilakukan untuk mengenalkan kampus FMIPA UNY dalam proses perkuliahan. Disetiap posnya terdiri dari 5 pos yang berada di Halaman Dekanat Barat, depan Food Court, Gedung Laboratorium FMIPA, Sekre Himatika, dan sebelah timur Gedung Kuning. Tujuan diadakan pos agar mahasiswa lebih mudah mengakrabkan diri dengan teman, pemandu, juga panitia lain. Selain itu, kegiatan ini bertujuan agar suasana Journey On MIPA terkesan tidak monoton dan mahasiswa baru dapat menghilangkan rasa lelah bahkan jenuh dengan sejumlah rentetan acara.

Kemudian dilanjutkan dengan Character Building dilaksanakan pukul 11.00 WIB di Ruang Seminar FMIPA UNY. Pada kegiatan ini mahasiswa baru dikenalkan dan diberi pengarahan tentang bagaimana seorang mahasiswa harus pandai berbicara di depan umum untuk mencapai kesuksesan baik dalam bidang akademik maupun sebagai seorang aktivis dalam berorganisasi. Pembicara Character Building yang interaktif dan penuh motivasi mampu membuat maba tertarik dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan.

Selesai kegiatan Character Building, mahasiswa diarahkan untuk Ishoma dan dilanjutkan dengan KeHIMATIKAan oleh Saudara Fikri selaku ketua HIMATIKA dan Pelatihan Geogebra oleh Saudari Yori. Menjelang pukul 14.00, mahasiswa mulai diarahkan untuk memasuki bis dan menuju SCC Universitas Islam Indonesia.

Sesampainya di wisma, mahasiswa baru lalu masuk ke kamar masing-masing dan beristirahat sejenak. Waktu ini dimanfaatkan mereka untuk jalan-jalan, persiapan pensi, dan ada juga yang beristirahat. Setelah sholat isya mahasiswa dikumpulkan jadi satu di pendopo untuk perkenalan Himatika.

Ketika perkenalan Himatika, mahasiswa baru antusias dan mulai tidak sabar menunggu giliran pensi tiba. Hingga akhirnya tibalah saatnya pertunjukan pensi, satu persatu kelompok besar menampilkan hasil kerja kerasnya berlatih selama ini. Walaupun acara tersebut berakhir larut malam, acara tersebut berjalan sangat menarik karena bisa melihat teman yang lain menampilkan sesuatu yang sangat menarik. Karena sudah larut malam, mahasiswa baru dipersilahkan untuk tidur di kamar kita masing-masing.

Hari berikutnya mahasiswa baru dibangunkan pukul 03.40 untuk sholat tahajud berjamaah di Aula yang dilanjutkan oleh sholat subuh. Setelah itu, mereka bersama panitia melakukan senam dan juga koreo membentuk huruf SLM 2018. Setelah koreo kita sarapan dan sholat dhuha, kemudian dilanjutkan outbond. Outbond yang dilalui ini memiliki 6 pos dengan salah satunya adalah pos bayangan yang diisi oleh advokasi himatika yaitu kesravo.

Setelah lelah ber-outbond ria, kemudian mahasiswa baru langsung membersihkan diri. Kemudian mahasiswa baru melakukan tukar kado, walaupun sudah diacak tetapi sebagian dari mereka tetap berusaha menebak siapa pemilik kado yang mereka pegang tersebut.
Acara SLM kali ini diakhiri dengan inagurasi yang berisi foto dan video kegiatan selama serangkaian SLM ini. Mahasiswa baru juga dipersilahkan foto-foto untuk mengenang kegiatan SLM tahun ini. Ada yang berfoto dengan teman sekelas, dengan pemandunya, dll. Karena hari sudah hampir sore, kemudian mahasiswa baru berkemas-kemas dan mulai menaiki bus satu persatu untuk kembali lagi ke kampus UNY tercinta dan hal tersebut mengakhiri rangkaian SLM kali ini.

 

SLM 2018… Membumi dan Mengangkasa bersama Matematika, Huh Hah Joss ~~

 

Sampai Jumpa di SLM 2019