087827505995 (Awan) / 085731640924 (Wikrama) himamatematika.uny@gmail.com

Bagi para pelamar kerja, CV atau Curriculum Vitae adalah satu hal yang wajib untuk melamar suatu pekerjaan. Banyak contoh CV lamaran kerja yang dapat kita temukan di internet sekarang. Namun, apakah semua CV itu baik dan tepat untuk melamar kerja? Tentu kita harus selektif dalam memilih CV agar peluang kita dilirik oleh HRD perusahaan tujuan semakin besar. Khususnya kita sebagai mahasiswa yang kedepannya nanti akan lulus dan menjadi fresh graduate maka kita perlu tahu CV yang baik dan tepat untuk melamar pekerjaan nanti.

Berikut adalah beberapa poin penting penjelasan dari kak Olga Febriani di acara Kurmatika (Jum’at, 16 Juli 2021) mengenai CV yang baik dan tepat untuk melamar kerja.

Pada saat melamar kerja kita harus melewati beberapa tahapan proses rekrutmen, yakni seleksi administrasi, tes psikotes, interview HR, interview user, offering letter. Hal-hal penting yang harus ada di CV yaitu:

  1. Personal Info
    • Tuliskan nama lengkap
    • Alamat tidak perlu lengkap (misal Bekasi, Jawa Barat)
    • Nomor kontak wajib disertakan agar bisa dihubungi. Paling urgent yang dicantumkan hanya 1 nomor yaitu nomor yang aktif dan ada nomor WhatsApp-nya
  1. Personal Summary

Pastikan personal summary memuat dua hal berikut ini:

    • Skill yang relevan dengan posisi yang dilamar
    • Tujuan karir – Pengalaman magang dan dunia pekerjaan sangat diperhatikan, sekarang harus tahu target untuk 1-2 tahun kedepan atau setelah lulus
  1. Exprience/Organization/Achievement

Cantumkan kegiatan-kegiatan yang diikuti, prestasi, lama waktu, dan capaian selama di Organisasi. Semua hal tersebut sangat membantu di dunia kerja.

  1. Skill
    • Pelajari skill yang dibutuhkan dalam lowongan yang kamu inginkan melalui online course atau bootcamp
    • Di masa pandemi banyak sekolah/course yang gratis atau berbayar, jadikan itu sebagi skill tambahan. Sertifikasi yang dimiliki pelamar juga penting. Cari tahu skill apa yang kira-kira menunjang jurusan dan bisa kursus dari sekarang sebagai poin tambahan.
    • Hindari menulis Adobe Photoshop 75% atau bintang 3 dari bintang 5. Tuliskan Adobe Photoshop saja dan hindari adanya perbatasan seperti itu.

Itulah beberapa tips agar CV dilirik oleh HRD dari kak Olga Febriani selaku pembicara di acara Kurmatika 2021. Semoga dengan penjelasan ini, teman-teman dapat mengerti kriteria apa saja yang harus teman-teman persiapkan untuk CV melamar kerja.