085927484535 mail@himatikauny.org

Kunjungan ke HMPS Statistika FMIPA UNM
Makassar, 30 Oktober 2019
Penulis: Syaifullah Yusuf Ramadhan

HMPS Statistika FMIPA UNM atau dapat disebut dengan Himpunan Mahasiswa Progam Studi Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar berdiri pada tahun 2013 sesuai deklarasi yang dilakukan oleh mahasiswa angkatan 2013 Alif Imron Juliodinata pada tanggal 7 Desember. Saat deklarasi ini dilakukan, HMPS Statistika UNM masih bernama SIGMA EPSILON. Pelantikan pengurus resmi terhambat oleh ketetapan birokrasi dikarenakan persyaratan dinyatakannya pengurus himpunan adalah mahasiswa semester tiga. Hal ini tidak membuat mahasiswa statistika patah arang, tepat pada 14 November 2014 pelantikan pengurus resmi dilaksanakan. Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Program Studi Nomor 001/UN36.1-12/OT/2014 tentang pengangkatan pengurus Himpunan Mahasiswa Statistika (Himastat) Periode 2014-2015 yang penetapannya pada tanggal 10 November 2014 SIGMA EPSILON berubah nama menjadi Himastat UNM. Begitu banyak perjuangan mahasiswa statistika UNM untuk mendapatkan pengakuan dari pihak BEM Fakultas maupun pihak birokrasi. Dengan segala upaya, akhirnya pada bulan Januari 2019 melalui Munas II Himastat UNM berubah nama menjadi HMPS STATISTIKA FMIPA UNM dan resmi diakui kalangan birokrasi dan BEM FMIPA UNM.

Periode kepengurusan HMPS Statistika FMIPA UNM berjalan satu tahun masa jabatan. Masa jabatan 2019 dipimpin oleh Muhammad Ahkamal Ahmad, mahasiswa angkatan 2017. Sesuai dengan persyaratan birokrasi terhadap pengurus himpunan, maka seluruh pengurus merupakan mahasiswa angkatan 2017. Struktur kepengurusan HMPS Statistika FMIPA UNM 2019 terdiri dari ketua umum, sekertaris umum, wakil sekretaris umum, bendahara, Badan Pertimbangan Organisasi, Bidang Pendidikan dan Pelatihan, Bidang Riset dan Keilmuan, Bidang Pengembangan Potensi Mahasiswa, dan Bidang Sosial dan Komunikasi. Setiap bidangnya terdiri dari ketua bidang dan empat sampai lima staf bidang. Sementara untuk Badan Pertimbangan Organisasi terdiri dari beberapa mahasiswa pengurus sebelumnya yang dipimpin oleh seorang koordinator. Perlu diketahui, bahwa untuk menjadi calon pengurus HMPS Statistika FMIPA UNM ataupun ikut serta dalam kepanitiaan haruslah anggota aktif HMPS Statistika FMIPA UNM yang berada di semester ke-2. Disebut anggota aktif karena sudah menjalani proses alur kaderisasi dari HMPS Statistika FMIPA UNM yang terangkum dalam kegiatan Bentuk Eksplorasi Statistika atau yang disebut BETA.
Progam kerja yang di usung pada masa Jabatan 2019 berjumlah sepuluh progam kerja utama yang tersebar di empat bidang HMPS Statistika FMIPA UNM. Bidang Pendidikan dan Pelatihan memiliki tiga progam kerja yaitu Program Pelatihan Fasilitator Organisasi yang dikhususkan untuk anggota aktif HMPS Statistika FMIPA UNM, Bentuk Eksplorasi Statistika khusus untuk anggota biasa yang ingin menjadi anggota aktif, dan Statistic Club. Bidang Riset dan Keilmuan memiliki progam kerja In-Statistika dan One Day With Statistic. Bidang Pengembangan Potensi Mahasiswa yang memiliki progam kerja Seminar Kewirausahaan, Wirausaha Mahasiswa Statistika (Wisma), dan Statistics Games and Arts (Sigma). Sedangkan untuk Bidang Sosial dan Komunikasi memiliki dua progam kerja utama yaitu Aksi Nyata Ilmiah Mahasiswa dan Statistics In-External Media (SEM). Dengan melihat berbagai progam kerja yang dilaksanakan, HMPS Statistika FMIPA UNM memiliki fokus pengembangan internal yang mendalam.
Himatika FMIPA UNY juga telah belajar banyak dari kunjungan kali ini ke HMPS Statistika FMIPA UNM. Terimakasih atas sambutan yang diberikan HMPS Statistika FMIPA UNM kepada perwakilan dari Himatika FMIPA UNY pada kesempatan ini. Besar harapan dengan kunjungan ini, tali silaturahim antara kedua belah pihak dapat terjalin secara terus menerus dan tidak pernah terputus.


Dari kiri: Muhammad Ahkamal Ahmad (Ketua HMPS Statistika FMIPA UNM), Adrian Aqil Yusfar (Kabid Sosial dan Komunikasi), Syaifullah Yusuf Ramadhan (Perwakilan Himatika FMIPA UNY), Ahmad Reza Wahyudi (Staff Sosial dan Komunikasi), dan Muh Qodri Alfairus (Kabid Pengembangan Potensi Mahasiswa)