+6282244971122 mail@himatikauny.org

Aksi Sosial HIMATIKA FMIPA UNY kembali digelar pada 17-19 November 2017 lalu. Aksi sosial tahun ini memiliki nama baru yaitu Aksos Akatsuki atau Aksi Sosial Anak Matematika Suka Berbagi. Dengan tagline “Tanamkan Rasa Peduli dengan Berbagi Kasih”, Aksos Akatsuki membagikan rasa  peduli dan kasihnya di Desa Salam 1, Songbanyu, Girisubo, Gunungkidul.

Kegiatan yang merupakan follow up dari SDP Leadership ini memiliki beberapa serangkaian kegiatan yang kegiatan intinya dimulai pada hari Sabtu. Pada hari Sabtu, kegiatan yang dilaksanakan adalah microteaching di SD N 2 Songbanyu yang dilanjutkan dengan penyuluhan sikat gigi. Selain itu, pada pukul 10.00 terdapat pelayanan kesehatan di Balai Desa. Pada pukul 12.00 kegiatan dilanjutkan dengan bazar sembako dan barang bekas. Sore harinya, kegiatan diisi dengan TPA untuk anak-anak di Masjid Salam 1. Pada malam hari setelah salat Isya selesai, kegiatan dilanjutkan dengan pengajian yang diadakan di Masjid Salam 1 sampai pukul 10.00.

Kegiatan hari Minggu yang merupakan hari terakhir di Desa Salam 1 ditemani dengan cuaca yang mendung. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari itu adalah senam dan lomba anak-anak. Akan tetapi karena cuaca tidak mendukung, kegiatan juga diisi dengan menonton film bersama sambil menunggu hujan reda. Selain itu, ada kegiatan gotong royong berupa bersih-bersih Masjid Salam 1, bersih-bersih lingkungan, memasang pagar masjid, dan memasang beberapa plang untuk Desa Salam 1. Kegiatan membuat bros dari barang bekas untuk ibu-ibu juga dilakukan pada hari itu.

Setelah serangkaian kegiatan selama tiga hari selesai, acara dilanjutkan dengan berpamitan dengan Bapak Kepala Dukuh Desa Salam 1. Pamitan ini sebagai tanda bahwa kegiatan aksi sosial ini telah berakhir. Meskipun tak banyak yang dapat diberikan, diharapkan kegiatan ini bisa membantu masyarakat di Desa Salam 1.