082134678336 (Bagas) / 081392182141 (Fachrur) himamatematika.uny@gmail.com

Universitas Negeri Yogyakarta – Design Cooperation Training atau yang bisa disingkat dengan DECOR telah dilaksanakan secara daring oleh BSO TIMM HIMATIKA FMIPA UNY bidang Human Resources Development (HRD) pada tanggal 29 Mei 2021 lalu.

Design Cooperation Training atau yang dapat di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai Pelatihan Kerjasama Desain merupakan pelatihan desain yang dalam pelaksanaannya berkolaborasi atau bekerjasama dengan organisasi mahasiswa lain dan ditujukan hanya untuk mahasiswa UNY. Untuk tahun ini, DECOR dilaksanakan dengan mengsung tema “Generasi Muda Lahirkan Karya dengan Semangat Pancasila” dan bekerjasama dengan Haska JMF FMIPA UNY.

Acara di bersamai oleh Taufik Ramadhan Fitriano (Owner Jogja Vector) dengan membawa materi tentang vector wajah. Dalam pembahasannya mas Taufik menjelaskan perbedaan antara file vector dengan file bitmap.

“Ada beberapa perbedaan yang mendasar antara file vector dengan file bitmap. Ukuran file vector kecil bisa di press sedemikan rupa sedangkan file bitmap tergantung resolusi dan ketika di zoom-in file vector tidak akan pecah sedangkan file bitmap akan terlihat kotak-kotak. Selanjutnya, fitur dan efek di software file vector lebih minimalis daripada file bitmap. Software file vector berguna untuk sesuatu yang simpel seperti banner, backdrop, dan sebagainya. Sedangkan file bitmap lebih kearah melukis sesuatu. Nah, untuk contoh software file vector bisa berupa CorelDraw, Adobe Ilustrator, dan InkScape sedangkan file bitmap bisa berupa Photoshop, Corel Photo Paint, dan sebagainya.”

Kemudian mas taufik melanjutkan penjelasannya mengenai beberapa langkah untuk melukis vector wajah, yaitu lineart, basic color, shadow, lighting, dan finishing. Beliau membuat contoh dengan menggunakan wajah Presiden pertama yaitu Ir. Soekarno sebagai media pelatihan untuk melukis vector wajah.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan acara dapat membawakan ilmu yang bermanfaat kepada semua peserta yang hadir tentang materi vector yang telah disampaikan oleh mas Taufik.