087827505995 (Awan) / 085731640924 (Wikrama) himamatematika.uny@gmail.com

Kongres Nasional IKAHIMATIKA Indonesia merupakan kegiatan IKAHIMATIKA se-Indonesia yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Kongres Nasional yang diselenggarakan tahun ini merupakan Kongres ke-XV dengan bahasan utama yaitu pembahasan rancangan AD/ART yang bertempat di Universitas Negeri Gorontalo. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 10 sd 15 Maret 2020 di Asrama Haji Gorontalo, Kota Gorontalo serta dihadiri oleh 46 Himpunan Mahasiswa Matematika dan diwakili oleh masing-masing delegasi dari 247 Himpunan anggota IKAHIMATIKA. Dalam rangka mempererat relasi IKAHIMATIKA, HIMATIKA FMIPA UNY mengirim dua delegasi untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan tema “Meneguhkan Peran Ikahimatika dalam Mewujudkan Indonesia Maju di Era Revolusi Indonesia 4.0” Dua delegasi ini merupakan Humas HIMATIKA FMIPA UNY yakni Muhammad Abdullah dan Febrian Alvy Prasetia. Pukul 14:20 WIB delegasi HIMATIKA FMIPA UNY berangkat dari Bandar Udara Adi Sutjipto Yogyakarta hingga tiba di Asrama Haji Golontalo pada pukul 20:20 WITA bersama panitia.

Setelah tiba para delegasi dituntun dalan regristrasi dan dipersilahkan untuk beristirahat di kamar yang telah disediakan panitia. Rabu, 11 Maret 2020 para delegasi mengikuti Seminar Nasional dengan tema “Optimalisasi SDM Melalui Matematika Dalam Menghadapi Era Society 5.0 ” di Auditorium Universitas Negeri Gorontalo. Seminar ini diisi oleh tiga pembicara dengan beberapa tema yang telah disiapkan. Pembicara pertama oleh Dr. Achmad Mudrikah, M.Pd. selaku Wakil Rektor Universitas Islam Nusantasara sekaligus Dosen/Praktisi Matematika UNINUS. Pembicara kedua oleh Dr. Eduart Wolok, ST, MT. selaku Rektor UNG dan pembicara terakhir oleh Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M. Pd. Hingga pukul 13:00 WITA sebagian peserta kongres menjadi penonton Lomba Karya Tulis Nasional di Auditorium UNG. Selanjutnya, peserta delegasi mengikuti panggung kreasi dan talkshow yang diisi oleh Pivi Alpia Podomi selaku BPO IKAHIMATIKA Periode 2003-2005 dan Abdul Razak Babuntai selaku Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat IKAHIMATIKA Wilayah VI Periode 2015-2017. Acara pada hari pertama telah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan dan acara akan dilanjutkan pada hari berikutnya

Pada hari Kamis, 12 Maret 2020 merupakan agenda sidang pendahuluan dan pleno I yang seharusnya dilaksanakan tepat pukul 08.00 WITA. Namun, karena ada kendala dan beberapa pertimbangan sehingga sidang diskors hingga selesai sholat zuhur. Setelah sholat zuhur, sidang dilanjutkan dengan pembahasan agenda sidang yang akan dilaksanakan. Pembahasan agenda sidang selesai hingga pukul 23.00 WITA dan sidang diskors selamat 1 jam untuk mediasi antara presidium sementara I dengan salah satu peserta yang bermasalah. Jumat, 13 Maret 2020 pukul 00.00 WITA persidangan dilanjutkan di Aula Asrama Haji Gorontalo yang membahas tata tertib persidangan. Agenda selanjutnya yaitu pemilihan pimpinan sidang tetap atau presidium tetap dengan menghasilkan 3 pimpinan sidang dari 3 kampus yang berbeda. Mengingat waktu yang sudah pagi dan juga memasuki waktu subuh akhirnya sidang diskors hingga sekitar pukul 09.00 WITA.

Pada jumat pagi pukul 09.00 WITA sidang dilanjutkan dengan laporan pertanggungjawaban dari pengurus pusat yakni melaporkan hasil kerja selama dua tahun menjabat. Laporan pertama disampaikan dari Sekretrasi Jendral, Wakil Sekretasi Jendral, Sekretaris, Bendahara hingga KWU. Laporan yang disampaikan oleh Bendahara memicu pertanyaan tentang uang masuk maupun uang keluar kas IKAHIMATIKA selama dua tahun. Hingga pukul 11.30 WITA, sidang ditunda untuk melaksanakan ibadah sholat Jumat bagi yang laki laki. Pukul 22.00 WITA merupakan puncak persidangan pertanggungjawaban pengurus pusat hingga laporan yang disampaikan diterima. Selama persidangan terhadap pengurus pusat dilaksankan dengan banyak perdebatan dan pertanyaan bahkan kericuhan yang membuat salah satu peserta kongres dikeluarkan. Perdebatan tersebut antara lain, posisi pengurus pusat apakah boleh berada di dalam atau harus di luar ruang sidang ketika penilaian dan diterima atau tidaknya laporan tersebut. Setelah meninggalkan ruang sidang sementara, sidang dilanjutkan dengan membahas rancangan Anggara Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Dalam persidangan ini berlangsung hingga pagi dan dilaksankaan secara kondusif dan lancar seperti yang diharapkan.

Sabtu, 14 Maret 2020 sidang dilanjutkan dengan pemilihan Sekretaris Jendral IKAHIMATIKA dengan calon pertama Muhammad Irwan dari Univeritas Islam Negeri  Alauddin Makasar dan calon kedua Muhammad Riyadi dari Universitas Tirtayasa. Pemilihan dimulai dengan memaparkan visi misi dan sesi tanya jawab oleh kedua calon hingga pemungutan suara dilaksanakan. Setelah pemungutan suara selesai dilakukan, hasil pemungutan suara pun diumumkan dengan hasil 18/45 suara oleh calon pertama dan calon kedua memperoleh suara sebanyak 24/45 suara serta 3 suara dinyatakan tidak sah. Sehingga setelah proses pemilihan ini dinyatakan bahwa Muhammad Irwan dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar terpilih sebagai Sekretaris Jendral IKAHIMATIKA. Agenda sidang selanjutnya ialah penentuan tempat kongres tahun 2022 dan Musyawarah Kerja Nasional(Muskernas). Dalam hal ini setiap Universitas mendapatkan hak dalam mengajukan diri sebagai tempat kongres 2022. Terdapat tiga Universitas yang mengajukan diri sebagai tuan rumah yakni Universitas Malikussaleh yang berasal dari Aceh, Universitas Negeri Manado dari Sulawesi Utara dan Universitas Negeri Yogyakarta dari D.I. Yogyakarta. Setelah pemaparan yang disampaikan serta pertimbangan antar ketiga Universitas akhirnya diputuskan bersama bahwa Universitas Malikussaleh, Aceh sebagai tempat Kongres XVI IKAHIMATIKA 2022. Persidangan dilanjutkan dengan penentuan tempat Muskernas antara Universitas Bengkulu dan Universitas Negeri Makassar. Namun, persidangan diskors terlebih dahulu mengenai penentuan tempat Muskernas IKAHIMATIKA Agustus 2022 mendatang dikarenakan diminta oleh pihak panitia agar menghadiri terlebih dahulu penutupan Kongres XV IKAHIMATIKA oleh Dekan FMIPA UNG dan Kepala Jurusan Matematika UNG serta Staff.

Setelah Kongres XV IKAHIMATIKA secara resmi ditutup oleh Dekan FMIPA dan Kajur Matematika UNG. Panitia meminta izin untuk diperbolehkan melanjutkan persidangan penentuan tempat Muskernas IKAHIMATIKA. Persidangan pun berlanjut hingga mendapatkan tititk terang dalam penentuan tempat Muskernas 2022 dengan hasil voting Universitas Bengkulu sebagai tempat Muskernas IKAHIMATIKA 2022. Kemudian sidang ditutup dan disambut tepuk tangan yang meriah dari seluruh peserta sidang. Kegiatan ini dilanjutkan dengan sesi foto bersama hingga beberapa agenda berupa field trip untuk lebih mengenal kekhasan budaya Gorontalo serta berwisata ke Pantai Kurnia dan Menara Pakaya. Setelah puas menjelajah Kota Gorontalo, peserta delegasi kembali menuju Asrama Haji Gorontalo untuk beristirahat. Minggu, 15 Maret 2020 para delegasi harus kembali ke kampus masing-masing. Delegasi dari UNY bersiap siap untuk pulang kembali ke Provinsi D.I. Yogyakarta. Kedua delegasi take off di Bandar Udara (BU) Jalaluddin pukul 11.15 WITA. Transit selama 2 jam di kota Jakarta sekitar pukul 12.30 – 14.30 WIB. Kemudian take off dan sampai di BU Adi Sutjipto Yogyakarta setelah Maghrib. Tibanya para delegasi UNY di Yogyakarta menandai berakhirnya perjalanan delegasi UNY mengikuti acara Kongres Nasional XV IKAHIMATIKA INDONESIA. Semoga UNY dapat terus berpartisipasi dan bersama-sama mewujudkan IKAHIMATIKA yang bermanfaat.