087827505995 (Awan) / 085731640924 (Wikrama) himamatematika.uny@gmail.com

Kampus Merdeka Fair baru saja diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta pada tanggal 19-20 Oktober 2022 di Auditorium UNY dengan menghadirkan sejumlah booth mitra yang telah berkomitmen untuk mendukung kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Acara dihadiri oleh lebih dari 200 pimpinan perguruan tinggi dan lebih dari 1000 mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia.

Acara ini menghadirkan Sharing Session antara Implementasi Kampus Merdeka mandiri perguruan tinggi tuan rumah dan swasta. Kemudian, dasar hukum tata kelola program MBKM di level Institusi, pedoman penyelenggaraan MBKM dan penguatan kurikulum MBKM, organisasi dan operasional unit pengelola MBKM dan pedoman keuangan, serta penganggaran MBKM. Kemudian, ketua program dan mahasiswa rumpun karier (Wirausaha Merdeka, Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Praktisi Mengajar) dan rumpun mobilitas (Indonesian International Student Mobility Award (IISMA), Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), Kampus Mengajar). Acara ini diisi pula dengan Collaborative Insight berupa pelaksanaan workshop perencanaan program dan keterserapan peserta di tahun 2023 antara kerja sama perguruan tinggi dengan mitra industri dan kerja sama antar perguruan tinggi. Pada hari kedua diadakan training untuk mahasiswa, pra-MoU, dan Expo Gallery MBKM.

“MBKM merupakan salah satu kebijakan transformasi pendidikan tinggi di Indonesia dengan memberikan hak dua semester belajar di luar program studi untuk mahasiswa,” Tutur Dr. Ir. Gunadi, M.Pd., Sekretaris Kampus Merdeka Fair UNY dalam laman uny.ac.id. “Tujuan diselenggarakannya Kampus Merdeka Fair adalah menyediakan wadah komunikasi bagi pemangku kepentingan Kampus Merdeka, terutama perguruan tinggi, mitra perusahaan, dan pengelola program.” Tambahnya.