+6282244971122 mail@himatikauny.org

Sabtu, 18 November 2017 merupakan babak final kegiatan Lomba Artikel dan Alat Peraga Matematika (LA2PM). Kegiatan ini merupakan agenda Bidang Pendidikan dan Penalarana (P2) HIMATIKA sekaligus follow up dari SDP Education. Dengan tema “Inovasi Anak Bangsa Melalui Matematika Untuk Indonesia Mendunia”, LA2PM berusaha mewadahi mahasiswa Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah dalam menyalurkan ide-ide maupun gagasan kreatifnya untuk dapat turut serta dalam mewujudkan Indonesia mendunia melalui matematika.

Dari delapan belas (18) peserta artikel dan tujuh (7) peserta alat peraga yang mendaftar, terpilih lima (5) finalis lomba artikel dan lima (5) finalis alat peraga untuk mempresentasikan karyanya di babak final. Para finalis mempresentasikan karya mereka dihadapan seluruh peserta, juri, dan orang-orang yang datang untuk menyaksikan babak final LA2PM. Terdapat tiga juri, yaitu Drs. Murdanu, M.Pd. (Dosen Jurdik Matematika FMIPA UNY),  Fina Hanifa Hidayanti, M.Pd. (pegawai Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan  atau P4TK), dan Junianto, S.Pd. (mahasiswa S2 UNY).

Setelah seluruh finalis mempresentasikan karya-karya mereka, akhirnya diumumkan para pemenang. Terdapat dua pemenang lomba artikel dan  dua pemenang lomba alat peraga. Juara pertama lomba artikel adalah Andreas Rony Wijaya (UNS) dengan judul “Statistika Seismology, Penerapan Ilmu Statistika pada Analisis Aktivitas Seismisitas Suatu Wilayah”. Juara kedua adalah Muhammad Nur Fariza (UNY) dengan judul “Mempersiapkan Generasi Indonesia yang Cakap Berkomunikasi Matematis:Suatu Solusi dari Realistic Mathematics Education terhadap Tantangan Abad 21”. Juara pertama lomba alat peraga adalah Endar Chrisdiyanto dan Fajar Meirani (UNY) dengan judul “Smart Bird” Burung Cerdas Sebagai Solusi untuk Memudahkan Kelas 3 SD dalam Mempelajari Operasi Hitung Matematika”. Juara kedua adalah Fajar Meirani dan Rizki Rahmawatiningsih (UNY) dengan judul “MANNIKA ( Taman Mini Matematika) Inovasi Media Pembelajaran Matematika Topik Faktor Persekutuan (FPB) dan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) Berbasis Kebudayaan Bagi Siswa Sekolah Dasar”.

Para pemenang tentu mendapatkan fasilitas dan hadiah menarik. Juara pertama menerima Piala Rektor UNY, sertifikat dan uang pembinaan. Juara kedua menerima Piala Dekan FMIPA UNY, sertifikat dan uang pembinaan.

Melalui kegiatan LA2PM ini, diharapkan mahasiswa semakin mengembangkan bakat serta ide-ide kreatif  mereka terutama dalam kepenulisan untuk mengasah kemampuan mahasiswa dalam bidang kepenulisan dan kependidikan.