082134678336 (Bagas) / 081392182141 (Fachrur) himamatematika.uny@gmail.com

Lomba dan Seminar Matematika XXIX telah dilaksanakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta pada tanggal 3, 10, 17, 24 April 2021 lalu. Lomba dan Seminar Matematika untuk tahun ini diselenggarakan di seluruh Indonesia dengan tema “Inovasi dalam Matematika guna Mewujudkan Era Digitalisasi”

Lomba dan Seminar Matematika XXIX atau bisa disingkat dengan LSM XXIX dilaksanakan sesuai dengan susunan acara yang dimulai dari Technical Meeting pada tanggal 3 April 2021, Babak Penyisihan pada tanggal 10 April 2021, Babak Semifinal pada tanggal 17 April 2021, hingga Babak Final pada tanggal 24 April 2021. Untuk di tahun ini, semua rangkaian acara dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) di seluruh wilayah Indonesia. Berbeda dengan LSM tahun-tahun sebelumnya, yang semua rangkaian acara dilaksanakan secara luring (luar jaringan).

Meskipun LSM XXIX ini dilaksanakan secara daring, jumlah peserta yang mengikuti lomba matematika masih mencapai jumlah yang banyak dan tetap berantusias. Dengan mengusung tema “INTERNET (Innovation Matemathics for National Education Technology)” tercatat ada sebanyak 16361 peserta yang terdiri dari 584 siswa tingkat SMP/MTs/Sederajat se-Indonesia, 821 siswa tingkat SMA/SMK/MA/Sederajat se-Indonesia, dan 226 mahasiswa Diploma/S1 PTN/PTS/Sederajat se-Indonesia yang mengikuti lomba pada tahun ini.

Setelah melewati beberapa babak perlombaan, akhirnya terseleksi beberapa peserta untuk menjadi pemenang lomba. Untuk tingkat SMP/MTs/Sederajat dipilih 10 pemenang dengan Juara 1 diraih oleh Rafael Nevan Prayogo dari SMPK 1 BPK Penabur Bandung, untuk tingkat SMA/SMK/MA/Sederajat diambil 10 pemenang dengan Juara 1 diraih oleh Wildan Bagus Wicaksono dari MAN 2 Kota Malang, sedangkan untuk tingkat Diploma/S1 PTN/PTS/Sederajat diambil 5 pemenang dengan Juara 1 diraih oleh Kelvin Tenata dari Universitas Indonesia.

Untuk Seminar Nasional dilaksanakan pada tanggal 24 april 2021 dengan tema “Pengembangan Teknologi Pendidikan Matematika, Matematika, dan Statistika Guna Merealisasikan Era Digital Menuju Indonesia Maju” yang diisi oleh 1 keynote speaker dan 2 invited speaker. Eka Puspita Sari, M. Ed. (In-Class Learning Lead, Zenius Education) merupakan keynote speaker pada seminar ini membahas tentang “Matematika dan Teknologi: Lebih dari Hitung dan Komputer”, sedangkan invited speaker-nya adalah Dr. Nanang Susyanto, M.Sc., M.Act.Sc. yang merupakan dosen FMIPA UGM dan Endah Retnowati, Ph.D yang merupakan dosen FMIPA UNY. Pak Nanang membawakan materinya tentang “Mendinginkan Panasnya Aktuaria Ala Society 5.0 dengan Penguasaan Matematika dan Statistika” sedangkan Ibu Endah membawakan materinya tentang “Multimedia Learning: hasil-hasil penelitian dan publikasinya”.

Itulah beberapa informasi penting terkait LSM XXIX. Semoga dengan diadakannya LSM ini bisa memberikan manfaat yang banyak untuk para pelajar yang ikut dalam acara LSM. Tidak hanya para pelajar saja, tetapi untuk semua kalangan masyarakat yang berpartisipasi dalam acara LSM (mulai dari lomba-lomba dan seminar) diharapkan dapat memberikan manfaat yang sangat luas untuk mereka.