087827505995 (Awan) / 085731640924 (Wikrama) himamatematika.uny@gmail.com

Mathematics Competition adalah salah satu follow up dari Studi Laboratorium Matematika 2017. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 9 September 2017 dan acara Mathematic Competition tahun ini cukup unik, karena diselenggarakan di dua tempat yaitu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Acara ini terbagi dalam beberapa sesi, yaitu Olimpiade Matematika beserta Materi Olimpiade, sesi Pengenalan IHMSI dan IKAHIMATIKA, sesi sosialisasi Lomba dan Seminar Matematika, dan sesi Presentasi Essay oleh kelompok-kelompok yang lolos ke babak final. Acara pembukaan Mathematic Competitions dilaksanakan di Dekanat Selatan dengan cukup meriah. Saat acara pembukaan, mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Matematika diberitahu mengenai pembagian ruang olimpiade yang terletak di gedung D03 lantai 2 dan D07 lantai 2. Olimpidae Matematika pada saat itu berlangsung dengan lancar dan tenang.

Selesai olimpiade, para mahasiswa baru diarahkan menuju Ruang Seminar Fakultas Pascasarjana untuk mengikuti sesi berikutnya, yaitu sesi Materi Olimpiade yang dibawakan oleh Ibu Nikenasih Binatari. Beliau menjelaskan tentang beberapa pengalaman beliau semasa mengikuti berbagai macam olimpiade, serta beberapa tips mengenai dunia perlombaan, khususnya olimpiade matematika.

Sesi berikutnya adalah Pengenalan kepada para mahasiswa baru mengenai IHMSI yang diwakili oleh saudara Arif dan IKAHIMATIKA yang diwakili oleh saudara Fajri. Untuk sesi ini sepertinya para mahasiswa baru tertarik dan memiliki rasa penasaran yang cukup baik tentang IHMSI maupun IKAHIMATIKA.

Setelah sesi ketiga, para peserta dipersilahkan untuk istirahat, sholat, dan makan terlebih dahulu. Sesi berikutnya dilanjutkan ketika semua peserta telah selesai ISHOMA, yaitu sesi Sosialisasi Lomba dan Seminar Matematika XXVI yang dibawakan oleh saudara Aji Pangestu dan saudari Eka Susanti. Sosialisasi ini bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa baru tentang Lomba dan Seminar Nasional yang diadakan tiap tahun oleh HIMATIKA FMIPA UNY, serta mengajak para mahasiswa baru untuk bergabung dalam kepanitiaan Lomba dan Seminar Matematika yang ke 26 tahun ini.

Tibalah pada sesi yang paling ditunggu, yaitu sesi presentasi essay pilihan dari beberapa tema yang telah ditentukan. Sebelumnya tiap kelompok Studi Laboratorium Matematika sudah diberikan tugas untuk membuat essay penerapan matematika dengan tema-teman tertentu yang ditentukan oleh panitia SLM. Tiap tema diwakilkan oleh masing-masing dua kelompok yang terpilih untuk memresentasikan essay mereka.

Kelompok-kelompok yang terpilih adalah Kappa dan Phi di bidang pendidikan, Theta dan Gama di bidang ekonomi, serta Iota dan Beta di bidang teknologi. Keenam kelompok terpilih ini memresentasikan essay mereka secara apik dan menarik.

Berdasarkan penilaian juri dan pertimbangan penilaian dari penonton, kelompok-kelompok yang menang adalah Kelompok Gama di bidang ekonomi dengan poin tertinggi (1.169), Kelompok Iota di bidang teknologi dengan poin 1.140, dan Kelompok Phi di bidang pendidikan dengan total poin 980.