087827505995 (Awan) / 085731640924 (Wikrama) himamatematika.uny@gmail.com

Studi Laboratorium Matematika atau yang disingkat SLM adalah kegiatan tahunan yang diadakan untuk menyambut mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Matematika. Dalam kegiatan SLM, mahasiswa baru akan dikenalkan dengan dunia perkuliahan, khususnya yang ada di lingkungan Jurdikmat FMIPA UNY. Selain itu, tujuan dilaksanakannya SLM ada banyak sekali, antara lain membangun karakter-karakter intelektual yang beriman dan bertaqwa, mendata mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, mengenalkan lingkungan Kampus Jurusan Pendidikan Matematika kepada mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, memperkenalkan HIMATIKA sebagai salah satu ormawa sekaligus wadah bagi seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, mendorong mahasiswa untuk berinovasi dan berpikir kritis, Memberi bekal terhadap manajemen waktu, belajar, dan memanajemen diri terutama berada di lingkungan yang baru, dan mendorong mahasiswa untuk menyalurkan bakat dan potensi yang dimiliki.

Tema SLM pada tahun ini yaitu “Dive Into The Depth of Mathematics”. Melalui SLM, diharapkan mahasiswa baru akan mendapatkan banyak hal baru tentang ilmu-ilmu matematika yang tidak hanya ilmu hitung di sekolah, namun ilmu yang penting yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Rangkaian kegiatan SLM dimulai TM lalu dilanjutkan dengan Mathcomp dan puncak. Mathcomp (Mathematics Competition), merupakan kegiatan yang melatih intelektual di bidang matematika melalui olimpiade matematika dan lomba esai matematika. Selain 3 rangkaian TM, Mathcomp, puncak. Di SLM tahun ini mahasiswa baru juga dikenalkan alur kaderisasi HIMATIKA FMIPA UNY. Karena adanya pandemi Covid-19 maka kegiatan Studi Laboratorium Matematika akan dilaksanakan secara daring. Akan terasa berbeda jika SLM dilaksanakan secara online. Keseruan SLM jika dilaksanakan secara offline, mahasiswa baru akan bisa melihat bangunan-bangunan yang ada di FMIPA UNY secara langsung, bisa ngobrol bersama teman secara langsung, dan bisa merasakan outbound dengan asik bersama teman-teman mahasiswa baru lainnya. Jika dilaksanakan secara daring, teman-teman mahasiswa baru tidak bisa merasakan hal itu semua. Meskipun SLM dilakukan secara daring, teman-teman mahasiswa baru harus tetap mengikuti semua rangkaian kegiatan SLM karena itu salah satu bekal teman-teman untuk kuliah di Jurdikmat FMIPA UNY.