087827505995 (Awan) / 085731640924 (Wikrama) himamatematika.uny@gmail.com

(13-14/05/2017)  Futsal Himatika Cup kembali hadir untuk menguji kebolehan di lapangan dari para mahasiswa matematika dan statistika yang gemar bermain futsal. Untuk tahun yang ke tujuh ini,  Futsal Himatika Cup hanya menyelenggarakan pertandingan untuk tingkat univeristas se-Jawa saja dimana tahun sebelumnya juga terdapat pertandingan untuk tingkat SMA/sederajat. FHC kali ini diikuti oleh 22 tim yang berasal dari prodi Pendidikan Maematika, Matematika, maupun Statistika dari 12 universitas. Ada pula tim dari Jurusan Pendidikan Fisika dan Pendidikan IPA FMIPA UNY.

Serangkaian acara Futsal Himatika Cup diawali dengan sambutan-sambutan dan pembukaan simbolis pada pukul 08.00 dan dilanjutkan dengan babak penyisihan sampai dengan pukul 14.30. Pertandingan dilaksanakan di dua lapangan yaitu Lapangan 1 dan Lapangan 2, Empat R Futsal. Babak penyisihan dilaksanakan dengan sistem grup yang terdiri dari 7 grup yaitu grup A-grup G yang masing-masing terdiri dari 3 tim, kecuali pada grup G yang terdiri dari 4 tim.

Setelah seluruh pertandingan babak penyisihan selesai, didapatkanlah 8 tim dari masing-masing grup untuk memasuki babak selanjutnya yaitu tim STAT UII 1 dari grup A, tim ALPHABETA 1 dari grup B, tim STIS dari grup C, tim STAT UNPAD dari grup D, tim APOTEMA 1 dari grup E, tim AKPRIND dari grup F, dan PMAT UNS serta tim UNNES dari grup G. Babak selanjutnya dilaksanakan pada hari Minggu, 14 Mei 2017 pukul 09.00 di tempat yang sama yaitu Empat R futsal. Setelah babak ini dilakukan, diperoleh 4 tim yang akan memasuki babak semifinal yaitu tim STIS vs MATRIKS HIMAPMA di lapangan 1dan  ALPHABETA 1 vs STATISTIKA UNPAD di lapangan 2.

Setelah pertandingan yang sengit di kedua lapangan, didapatkanlah kedua finalis yaitu tim MATRIKS HIMAPMA UMP dan tim ALPHABETA UAD. Pertandingan babak final dimulai pukul 12.00. Pertandingan berlangsung dengan sengit dan menegangkan. Hingga pada akhirnya diperoleh hasil akhir MATRIKS HIMAPMA UMP vs ALPHABETA UAD dengan skor 6-2.

Seusai pertandingan, acara dilanjutkan dengan closing ceremony dan pemberian hadiah berupa trophy dan uang pembinaan kepada para pemenang dan top scorer. Juara I diraih oleh tim MATRIKS HIMAPMA dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto dan Juara II diraih oleh tim ALPHABETA dari Universitas Ahmad Dahlan. Sedangkan, untuk top scorer diraih oleh pemain dengan nomor punggung 17, Ade Tiyas dari tim MATRIKS HIMAPMA UMP.

Begitulah serangkaian acara FHC #7 pada Sabtu-Minggu lalu. FHC #7, ISTIMEWAAAA~~~

Sampai jumpa di FHC tahun depan!