087827505995 (Awan) / 085731640924 (Wikrama) himamatematika.uny@gmail.com

Sabtu, 16 September 2017. Merupakan hari yang kita tunggu-tunggu, kenapa? Karena hari itu adalah hari dimana puncak kegiatan SLM berlangsung. Puncak dari acara studi laboratorium matematika ini sendiri secara resmi dibuka oleh Bapak Ariyadi Wijaya, selaku wakil dari ketua jurusan pendidikan matematika, di dekanat selatan FMIPA UNY.  Sabtu, 16 September 2017. Merupakan hari yang kita tunggu-tunggu, kenapa? Karena hari itu adalah hari dimana puncak kegiatan SLM berlangsung. Puncak dari acara studi laboratorium matematika ini sendiri secara resmi dibuka oleh Bapak Ariyadi Wijaya, selaku wakil dari ketua jurusan pendidikan matematika, di dekanat selatan FMIPA UNY.

Ada pepatah bilang, tak kenal maka tak sayang, maka setelah itu mahasiswa baru diperkenalkan dengan prodinya masing-masing. Mereka diberi pengetahuan seperti mata kuliah apa saja yang akan mereka hadapi, berapa minimum sks agar mereka dapat yudisium, dan juga gambaran perkerjaaan setelah mereka lulus kuliah.

Acara berikutnya yaitu journey on mipa dimana mahasiswa baru berkeliling di sekitar FMIPA sesuai kloter dan alur yang telah ditentukan. Pada tiap pos berisi berbagai kegiatan diantaranya  permainan dan perkenalan Himatika. Setelah selesai berkeliling, mahasiswa baru diarahkan kembali ke ruang seminar untuk materi leadership yang diisi oleh mas Bisma dari FIP . Kemudian acara selanjutnya yaitu mahasiswa baru dipisah menjadi lima bagian menurut SDP masing-masing. Yaitu sport and art, joutech, enterpreneur, leadership, dan education. Setelah mendapat materi dari tiap SDP, mahasiswa baru mulai dikondisikan untuk menuju wisma dharmais. Yeeay jalan-jalan (^_^)/

Sesampainya di wisma, mahasiswa baru lalu masuk ke kamar masing-masing dan beristirahat sejenak. Waktu ini dimanfaatkan mereka untuk jalan-jalan, persiapan pensi, dan ada juga yang beristirahat. Setelah sholat isya mahasiswa dikumpulkan jadi satu di pendopo untuk perkenalan Himatika.

Ketika perkenalan Himatika, mahasiswa baru antusias dan mulai tidak sabar menunggu giliran pensi tiba. Hingga akhirnya tibalah saatnya pertunjukan pensi, satu persatu kelompok besar menampilkan hasil kerja kerasnya berlatih selama ini. Walaupun acara tersebut berakhir larut malam, acara tersebut berjalan sangat menarik karena bisa melihat teman yang lain menampilkan sesuatu yang sangat menarik. Karena sudah larut malam, mahasiswa baru dipersilahkan untuk tidur di kamar kita masing-masing.

Hari berikutnya mahasiswa baru dibangunkan pukul 03.30 untuk sholat tahajud berjamaah di pendopo yang dilanjutkan oleh sholat subuh. Setelah itu, mereka bersama panitia melakukan senam dan juga koreo membentuk huruf SLM 2017. Setelah koreo kita sarapan dan sholat dhuha, kemudian dilanjutkan outbond. Outbond yang dilalui ini memiliki 7 pos dengan salah satunya adalah pos bayangan yang diisi oleh advokasi himatika yaitu kesravo. Oh iya, dipermainan outbond juga ada permainan yang mengharuskan mereka untuk terjun ke sungai. Jadi mau tidak mau mereka harus terjun ke air.

Setelah lelah ber-outbond ria, kemudian mahasiswa baru langsung membersihkan diri. Setelah itu, acara selanjutnya adalah pemilihan ketua angkatan, hingga akhirnya terpilihlah saudara Damar. Selamat kepada saudara Damar yang telah menjadi ketua angkatan jurdikmat 2017. Semoga dapat bertanggung jawab dengan amanah yang telah diberikan. Kemudian mahasiswa baru melakukan tukar kado, walaupun sudah diacak tetapi sebagian dari mereka tetap berusaha menebak siapa pemilik kado yang mereka pegang tersebut.
Acara SLM kali ini diakhiri dengan inagurasi yang berisi foto dan video kegiatan selama serangkaian SLM ini. Mahasiswa baru juga dipersilahkan foto-foto untuk mengenang kegiatan SLM tahun ini. Ada yang berfoto dengan teman sekelas, dengan pemandunya, dll. Karena hari sudah hampir sore, kemudian mahasiswa baru berkemas-kemas dan mulai menaiki bus satu persatu untuk kembali lagi ke kampus UNY tercinta dan hal tersebut mengakhiri rangkaian SLM kali ini.

 

SLM 2017…Melesat Dahsyat Bersama Matematika, Wush ~~

 

Sampai Jumpa di SLM 2018 🙂