087827505995 (Awan) / 085731640924 (Wikrama) himamatematika.uny@gmail.com

Mukernas atau Musyawarah Kerja Nasional IKAHIMATIKA (Ikatan Nasional Himpunan Mahasiswa Matematika) Indonesia Tahun 2022  merupakan forum nasional IKAHIMATIKA yang bertujuan untuk menyusun, membentuk, dan menetapkan program kerja serta membentuk pengurus IKAHIMATIKA Indonesia periode 2022-2024. Forum ini merupakan kelanjutan dari kongres yang telah dilaksanakan sebelumnya, yaitu kongres pemilihan sekretaris jenderal IKAHIMATIKA yang merupakan pemimpin atau jabatan tertinggi dalam kepengurusan IKAHIMATIKA. Setelah terpilih sekretaris jenderal, selanjutnya perekrutan pengurus dan pembahasan program kerja melalui Mukernas. Selain membentuk kepengurusan dan program kerja, diadakan juga diskusi terkait Mustanas atau Musyawarah Tahunan Nasional yang akan diadakan saat setengah periode atau satu tahun kepengurusan IKAHIMATIKA.

Mukernas 2022 yang diikuti oleh  97 peserta yang berasal dari 46 himpunan mahasiswa matematika di universitas di seluruh Indonesia. Peserta Mukernas mengikuti serangkaian acara yaitu seminar, forum, dan field trip yang berlangsung dari tanggal 13-16 Agustus 2022. Kendati demikian, peserta mukernas mulai berangkat dan check in di Youth Centre Yogyakarta tanggal 12 Agustus 2022 dan check out tanggal 17 Agustus 2022. Tanggal 13 Agustus peserta mengikuti seminar nasional dan Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Tingkat Lanjut (LKMM-TL) yang dilaksanakan di Auditorium Universitas Negeri Yogyakarta. Acara selesai pada pukul 18.00 WIB dan dilanjutkan dengan forum yang digelar di Youth Centre Yogyakarta. Forum selesai tanggal 15 Agustus dan ditutup dengan malam keakraban. Kegiatan selanjutnya adalah Field Trip peserta. Field Trip diawali dengan perjalanan ke Pantai Kukup yang berlokasi di Gunungkidul. Selepas dari pantai dan ishoma siang, Field Trip dilanjutkan ke Puncak Pinus Becici. Peserta berada di Puncak Pinus Becici hingga waktu magrib dan kemudian perjalanan dilanjutkan ke Malioboro. Peserta check out tanggal 17 Agustus dan kembali ke tempat asal masing-masing.

Sebagai tuan rumah Musyawarah Kerja Nasional IKAHIMATIKA Indonesia 2022, HIMATIKA FMIPA UNY mempersiapkan berbagai keperluan peserta selama Mukernas sejak check in hingga check out, mulai dari penginapan hingga transportasi. Dalam persiapan hingga pelaksanaannya, namun masih terdapat beberapa kendala salah satunya adalah kurangnya komunikasi antara panitia yang mengakibatkan timbulnya beberapa miskomunikasi.

Ini bukan merupakan kali pertama Universitas Negeri Yogyakarta menjadi tuan rumah dilaksanakannya Mukernas IKAHIMATIKA Indonesia. Sebelumnya yaitu pada 2016, Universitas Negeri Yogyakarta juga pernah menjadi tuan rumah Mukernas IKAHIMATIKA Indonesia. Dengan menjadi tuan rumah Mukernas IKAHIMATIKA Indonesia, Universitas Negeri Yogyakarta khususnya HIMATIKA FMIPA UNY dapat dikenal oleh mahasiswa matematika dari seluruh Indonesia, mengingat kegiatan ini dihadiri oleh teman-teman dari seluruh himpunan mahasiswa matematika di Indonesia.

Hasil dari Mukernas yang telah dilaksanakan, ditetapkan pengurus pusat dan program kerja untuk periode 2022-2024, dari HIMATIKA FMIPA UNY sendiri teradpat dua delegasi yang terpilih menjadi pengurus pusat IKAHIMATIKA Indonesia Periode 2022-2024, yaitu Hanifa Nur Fadila sebagai Kepala Divisi Pengabdian Masyarakat dan I Made Ozzy Dwijay Wirawan sebagai angota  Divisi Informasi, Komunikasi dan Eksternal.