082136572821 (Yusuf) / 082137566662 (Brian) himamatematika.uny@gmail.com

MATEMATIKA? KREATIF DONG!

 

Banyak yang berpendapat bahwa matematika itu sulit. Apa yang membuat mereka berfikir seperti itu? Salah satunya adalah sebuah ungkapan yang telah turun temurun diungkapkan. Ungkapan itu adalah “matematika itu menakutkan”. Hal itu membuat para siswa sudah berfikir negatif tentang matematika sebelum mereka mencobanya. Padahal, perlu diketahui bahwa matematika itu asyik, menyenangkan, dan membuat berfikir kritis dengan menumbuhkan penasaran. Apabila rasa ingin tahu sudah tumbuh dengan baik di dalam diri kita, pastilan kita berusaha menggali supaya menemukan jawabannya. Hal itu membuat otak kita lebih berkembang.

Kreatif tidak hanya dalam bab membuat suatu produk kerajinan. Namun, matematika juga bisa membuat kita lebih kreatif. Lalu, apa hubungannya kreatif dengan matematika? Tentu saja ada pada pemecahan masalahnya. Penyelesaiaan masalah pada matematika tidak hanya ada satu jalan saja. Namun, ada banyak jalan. Apabila dicari pertambahan dua angka yang bisa menghasilkan angka 5, tentu saja tidak hanya 5+0, tetapi bisa 1+4 , 2+3, atau bahkan 2,5+2,5 dan angka yang mengandung koma lainnya. Hal itulah yang bisa membuat kreativitas kita beraksi dan berkembang. Kreatif dalam diri itu tidak bisa muncul dengan sendirinya. Tentunya, kita harus rajin berlatih.

Bagaimana seseorang bisa dianggap berpikir kreatif dengan matematika? Ya, tentu saja dia yang fleksibel dalam memecahkan persoalan matematika. Mampu menyelesaikan masalah dengan berbagai cara, bahkan menciptakan cara sendiri. Seperti kata Siraman (2004) bahwa kreativitas matematis sebagai proses yang berakibat tidak biasa dan berwawasan solusi untuk masalah tertentu, terlepas dari levelnya kompleksitas. Hal itu menunjukkan bahwa kreatif dalam matematika tidak hanya sekadar mampu menggunakan banyak cara yang telah ada, tetapi juga mampu menciptakan inovasi baru dalam pemecahan masalah matematika.

Sebenarnya, kreatif dalam matematika tidak hanya dalam pemecahan masalah, tetapi juga membuat masalahnya. Apa maksudnya? Yang dimaksud membuat masalah ini adalah pertanyaan yang tumbuh sendiri dalam diri kita, maupun yang sengaja kita buat. Pertanyaan yang tumbuh sendiri dalam diri kita misalkan saat kita sedang berusaha memecahkan masalah, tiba-tiba ada sebuah langkah yang membuat tentunya pertanyaan baru dalam pikiran kita. Pertanyaan yang keluar dari pembahasan, tetapi masih dalam satu topik. Sedangkan, pertanyaan yang sengaja kita buat adalah saat membuat soal. Soal yang kreatif adalah soal yang terlihat rumit, tetapi pada aslinya penyelesaiannya sangat simpel.

Itulah berpikir kreatif dengan matematika. Dengan matematika, kita bisa terlatih untuk kreatif. Dengan kreatif, kita bisa mengembangkan  matematika. Oleh karena itu, teruslah berlatih dan tanamkan rasa ingin tahu yang tinggi.