087827505995 (Awan) / 085731640924 (Wikrama) himamatematika.uny@gmail.com

Musyawarah Tahunan Nasional IKAHIMATIKA 2019

     Musyawarah Tahunan Nasional IKAHIMATIKA (MUSTANAS) periode 2018-2020 telah dilaksanakan pada tanggal 11-16 Maret 2019 di Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Acara diikuti oleh 39 delegasi dari 25 Himpunan Mahasiswa di seluruh Indonesia. Tak terkecuali Nur Huda (Kabir Humas 2019) dan Brian Alvry Prasetya (Staf Humas 2019) menjadi delegasi mewakili HIMATIKA FMIPA UNY. Musyawarah Tahunan Nasional yang bertema “Kuatkan Persatuan dengan Menggalang Ide demi Mewujudkan Aspirasi dalam Kerja Nyata” ini dimulai dengan pembukaan yang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh pengurus pusat IKAHIMATIKA Indonesia. Acara berlanjut dengan diadakannya Seminar Nasional yang mengusung tema “Tantangan Revolusi Industri 4.0 terhadap Matematika dan Pembelajarannya” dan berlanjut dengan agenda LKMM-TD dan ditutup oleh Acara Ramah Tamah.

      Keesokan harinya, 12 Maret 2019 dimulai dengan acara LKMM-TL di Aula BTKIP yang diisi oleh tiga narasumber, yakni Mayor Sumarno yang memberikan informasi mengenai wawasan kebangsaan yang harus dimiliki oleh para mahasiswa,  Ir. Doyo Pudjadi memberikan informasi mengenai nilai dan visi masa depan, dan Zakaria, Alumni UNLAM, memberikan informasi mengenai manajemen konflik yang dilakukan dengan tiga langkah untuk mediasi yaitu, perencanaan (identifikasi masalah, klarifikasi, dan analisis), pelaksanaan (pendekatan dan penyelesaian), dan evaluasi mengenai permasalahan apakah menghilang atau semakin besar. Masih ditempat yang sama,kegiatan dimulai dengan pembahasan mengenai agenda  dan tata tertib sidang, dan pemilihan serta penetapan presidium tetap. Sidang dipimpin oleh Presidium sementara yaitu Safi’i yang merupakan korwil 5 dan 2 presidium lainnya dari panitia. Acara berlangsung pada pukul 16.00 WITA sampai pukul 02.51 WITA dan diakhiri dengan penetapan presidium tetap yaitu Agil dari Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

     Pada tanggal 13 Maret 2019 pukul 09.30 WITA, agenda kegiatan dimulai dengan penyampaian Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) yang disampaikan oleh pengurus pusat dilanjut evaluasi LPJ dari para peserta sidang hingga sore hari. Malam harinya setelah beristirahat, kegiatan kembali dimulai dengan reshuffle kepengurusan IKAHIMATIKA dimulai dengan para pendaftar kepengurusan menulis visi dan harapan, dilanjut wawancara sesuai divisi yang dipilih. Setelah itu, para peserta kembali berkumpul di hall BTKIP untuk mengikuti forum diskusi yang membahas keunggulan  proker dari setiap Himpunan Mahasiswa. HIMATIKA FMIPA UNY pun menyampaikan informasi mengenai program kerja yang sukses dijalani yaitu LSM ( Lomba dan Seminar Matematika) dan SDP ( Student Development Program) serta, membahas mengenai masalah pendidikan di Indonesia yaitu PPG yang menguntungkan bagi prodi matematika.

     Setelah para peserta beristirahat, pukul 12.40 WITA tiba dan dimulai dengan pelantikan pengurus diikuti ikrar janji pengurus dengan mengenakan almamater masing-masing universitas. Acara dilanjutkan dengan rapat pleno yang dilakukan sesuai divisi masing-masing, dan bagi para peserta yang bukan pengurus menyesuaikan ke divisi yang diinginkan. Di sore hari agenda dimulai dengan presentasi rancangan proker setiap divisi. Agenda ditutup dengan ditetapkan serta disahkan hasil sidang MUSTANAS dengan  hasil acara rutin tahunan RAPIMNAS dihapuskan karena dinilai kurang efektif.

     Hari Jumat 15 Maret 2019, setelah salat Jum’at para peserta berangkat menuju panti asuhan Sentosa Banjarmasin. Agenda bakti sosial dimulai dengan sambutan dan motivasi dari sekjend, Muzakar Alam dari UNS, dan berbagi pengalaman serta bermain bersama teman-teman penghuni panti yang diisi oleh divisi PM (Pengabdian Masyarakat). Setelah Ishoma dan kembali ke penginapan, diadakan penutupan serta penyerahan kenang-kenangan dilanjut dengan rapat pengurus pusat dan wilayah hingga pukul 03.00 WITA. Akhir dari seluruh kegiatan adalah diadakannya field trip ke Pasar Terapung, Pulau Kembang, dan Kampung Sasirangan, disana para peserta belajar membuat Sasirangan, kain khas suku Banjar. Dengan berakhirnya seluruh agenda field trip, maka berakhirlah seluruh rangkaian acara Musyawarah tahunan Nasional (Mustanas) Ikahimatika 2019 di Kota Seribu Sungai ini.