087827505995 (Awan) / 085731640924 (Wikrama) himamatematika.uny@gmail.com

Studi Banding dan Kunjungan Profesi

                                  

Pada tanggal 27 s.d. 30 Agustus 2019 HIMATIKA FMIPA UNY melakukan Studi Banding dan Kunjungan Profesi (SBKP) ke Jakarta-Bandung dengan tema “Build Relationship and Set Your Passion For The Bright Future”. Kegiatan diikuti oleh 3 angkatan mahasiswa Jurdikmat yaitu angkatan 2017, 2018, 2019 sebanyak 68 peserta dengan didampingi 2 dosen.

Pada hari Selasa, 27 Agustus 2019 peserta melakukan registrasi di dekanat barat sekitar jam 3 sore. Acara dimulai dengan pembukaan sekaligus pelepasan oleh Kajurdik Matematika  di Dekanat Barat FMIPA UNY pada jam 4 sore. Setelah itu rombongan mengondisikan menuju bis bersiap untuk berangkat, selanjutnya rombongan diberangkatkan menuju Jakarta.

Keesokan harinya kami tiba di Masjid Istiqlal pukul 4 pagi. Di Masjid Istiqlal , peserta dipersilahkan untuk bersih-bersih, sholat subuh dan dilanjutkan sarapan. Sesuai agenda, pada pukul 09.00 rombongan sudah sampai di kantor Badan Pusat Statistik (BPS) dan disambut baik oleh pihak BPS. Setelah itu, peserta dipersilahkan untuk melakukan registrasi. Acara dibuka oleh Pak Eko dari pihak BPS dan dilanjutkan materi dengan judul “ Statistisi Di Era Disrupsi ” oleh bapak Sugeng Arianto dan “ Pentingnya Profesi Statistisi“ oleh bapak Hasan As’ari.  Setelah acara selesai, rombongan dipersilahkan makan di taman BPS dan dilanjutkan dengan sholat zuhur.

Pukul 12.30 WIB rombongan menuju kantor Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Rombongan tiba di BMKG pukul 13.00 langsung menuju Auditorium BMKG. Acara dibuka oleh Ibu Rina selaku Kepala Biro Humas BMKG, beliau menyampaikan dan memperkenalkan beberapa hal mengenai BMKG. Setelah itu dilanjutkan jelajah laboratorium dibersamai oleh beberapa pegawai dari Humas BMKG  dengan mengunjungi Stasiun Geofisika, ruang operasional geofisika dan kami dipersilakan juga untuk mencoba simulator gempa bumi. Setelah solat asar di mushola BMKG, rombongan diberangkatkan menuju studio Mata Najwa. Setelah melakukan registrasi, peserta dipersilahkan masuk untuk menyaksikan secara langsung acara Mata Najwa yang bertemakan “Hidup Mati KPK”. Pukul 22.00 WIB acara Mata Najwa selesai, dan rombongan bertolak ke Bandung untuk melakukan kegiatan selanjutnya.

Hari Kamis, 29 Agustus 2019 , agenda selanjutnya adalah ke wisata Kawah Putih. Sebelumnya peserta tiba di resort kawah putih pada pukul 04.00 WIB, dan dipersilakan mandi serta solat subuh. Pukul 06.30 WIB peserta menyantap sarapan pagi. Untuk sampai ke kawah putih, kita perlu naik ontang anting dan jalan kaki beberapa menit. Disana kami menghabiskan waktu untuk berfoto dan menikmati pemandangan di kawah putih. Pukul 10.00 WIB kami meninggalkan kawah putih menuju resort. Di resort kawah putih peserta diberi waktu untuk bersiap-siap menuju Institut Teknologi Bandung (ITB). Sesampainya di ITB kami disambut baik oleh pihak HIMATIKA ITB. Sebelum acara dimulai, kami dipersilahkan makan siang dan sholat zuhur terlebih dahulu. Acara dibuka dengan doa dan dilanjutkan sambutan dari kedua pihak. Saat agenda Forum Group Discusiion (FGD), setiap bidang dan biro berpencar mencari tempat yang sekiranya nyaman untuk melakukan FGD. Kami saling berbagi ilmu dan informasi tentang Hima masing-masing dan tentu mendapat banyak relasi. Acara  ditutup dengan sesi penyerahan kenang-kenangan dan foto bersama. Agenda selanjutnya yaitu tur kampus dengan dibersamai anggota HIMATIKA ITB. Pukul 16.30 kami meninggalkan ITB dan menuju jalan Braga. Di Braga karena cuaca tidak mendukung maka kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan pulang. Kami berhenti di suatu rumah makan untuk makan malam dan sholat. Selain itu kami juga mampir di pusat oleh-oleh di Tasikmalaya dinihari. Kami tiba di UNY pada pukul 07.30 WIB. Alhamdulillah perjalanannya selesai, waktunya berhibernasiJ.