087827505995 (Awan) / 085731640924 (Wikrama) himamatematika.uny@gmail.com

Lomba Esai dan Media Pembelajaran Matematika (LEMM) 2018 adalah sebuah kompetisi esai dan media pembelajaran yang tidak hanya diperuntukkan bagi Mahasiswa Matematika, tapi juga untuk Mahasiswa D3/S1 dari perguruan tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Kegiatan ini diselenggarakan untuk mewadahi ide-ide kreatif dan inovatif di bidang esai dan media pembelajaran. Tema yang diusung dalam acara ini adalah Engrave Your Creativity in Mathematics, Create Better Generation.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 3 November 2018 di ruang Lab. Astronomi FMIPA UNY. Acara ini dimulai dengan pembukaan yang dilaksanakan pada pukul 07.30 WIB s.d. 08.00 WIB dengan rangkaian pembukaan oleh MC selama 5 menit, tilawah 5 menit, sambutan ketua panitia 5 menit, sambutan ketua HIMATIKA 5 menit, sambutan ketua Jurusan Pendidikan Matematika 5 menit, dan sambutan dekan FMIPA UNY serta pembukaan acara 10 menit.

Acara dilanjukan dengan presentasi karya dengan pembagian 5 presentasi media pembelajaran selama 100 menit dan dilanjutkan dengan presentasi esai selama 75 menit. Kemudian dilanjutkan penjurian oleh juri. Penjurian dilakukan bersamaan dengan ice breaking selama 30 menit. Setelah penjurian selesai dilakukan pengumuman Juara. Juara I Esai diraih oleh Dji Hanafit. Juara II Esai diraih oleh Rahma Ardianti. Juara I media pembelajaran diraih oleh Aditya Wisnugraha Sugiyarto dan Aan Nur Irsyad. Juara II media pembelajaran diraih oleh Jamaluddin Siregar dan Wahyuni Eka Maryati. Pengumuman selesai pada pukul 13.50 WIB. Selanjutnya acara penutupan oleh MC hingga pukul 14.00 WIB.