get_header(); $show_default_title = get_post_meta( get_the_ID(), '_et_pb_show_title', true ); $is_page_builder_used = et_pb_is_pagebuilder_used( get_the_ID() ); ?>

MUSYAWARAH TAHUNAN NASIONAL IKATAN HIMPUNAN MAHASISWA STATISTIKA INDONESIA

(MUSTANAS I IHMSI)

Musyawarah Tahunan Nasional(Mustanas) merupakan salah satu agenda Ikatan Himpunan Mahasiswa Statistika Indonesia(IHMSI) yang dilaksanakan setiap setengah periode kepengurusan IHMSI. Mustanas IHMSI tahun ini merupakan Mustanas edisi I yang dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut sejak hari Kamis, 12 Maret 2020. Mustanas I diselenggarakan oleh Universitas PGRI Adi Buana(UNIPA) Surabaya di Hotel Halogen, Sidoarjo. Acara ini dihadiri oleh Himpunan Mahasiswa Statistika Indonesia dengan masing-masing delegasinya, salah satunya yaitu 3 delegasi yang dikirim oleh HIMATIKA FMIPA UNY. Tiga delegasi ini merupakan mahasiswa angkatan 2019 yakni Fachrur Rozi, Wariska Nurul Ngazizah, dan Halimah Nur Mushaharah yang juga merupakan Humas di HIMATIKA FMIPA UNY.

Para delegasi HIMATIKA FMIPA UNY tiba tepat pada saat berlangsungnya acara Talkshow yang diisi oleh salah satu dosen dari UNIPA. Acara Talkshow ini selesai pada pukul 16:15 dan dilanjutkan pembahasan agenda persidangan yang dipimpin oleh presidium sidang sementara dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistika(STIS). Pembahasan ini mendapatkan sembilan hasil agenda yang akan dilaksanakan. Hasil agenda pertama yaitu pembahasan agenda persidangan yang telah dibahas oleh presidium sidang sementara. Hasil agenda kedua yaitu pembahasan tata tertib persidangan dengan memperoleh hasil kesepakatan bersama yakni IX bab serta 18 pasal sebagai tata tertib persidangan yang akan dilaksanakan. Hasil agenda ketiga yaitu pembacaan rekomendasi Mustanas I IHMSI yang telah disahkan dalam acara Munas XIV IHMSI. Hasil agenda selanjutnya yaitu kriteria dan mekanisme serta pemilihan dan penetapan presidium sidang(Tentatif) yang memperoleh hasil pilihan La Ode Muhammad Suratman dari UHO sebagai presidium sidang I. Hasil agenda selanjutnya yaitu laporan yang akan dipaparkan oleh setiap pertanggungjawaban pengurus pusat setengah periode 2018-2020 yang dipimpin oleh Akmal Abdillah, Sekretaris Jenderal IHMSI yang berasal dari IKS FMIPA UII.

Pemaparan pertama pada pukul 21.45 WIB dilakukan oleh Izza Dinikal Arsy selaku Kepala Bidang Penelitian dan Kestatistikaan (Litkestat). Terdapat empat program kerja yang dipaparkan oleh Izza, yakni E-book dan E-journal Statistika, Kalender Statistika, Konten Statistika, dan Konsultasi Statistik. Pemaparan selanjutnya yaitu dari Bidang Komunikasi dan Informasi(Kominfo). Karena ketidakhadiran Erik Maulana Yusuf selaku Kabid Kominfo, sehingga dalam bidang ini dipaparkan oleh Akmal Abdillah selaku Sekjend IHMS. Pemaparan dari Kominfo sekaligus menutup hari pertama persidangan dalam acara Mustanas I IHMSI.

Tepat pukul 23:45 WIB para delegasi dipersilahkan kembali ke kamar masing-masing untuk beristirahat dan persidangan akan dilanjutkan kembali pada hari berikutnya. Pada hari Jumat setelah mempersiapkan diri, pemaparan selanjutnya dilakukan pada pukul 07:35 WIB oleh Ariska Fitriyana, Bidang Hubungan Masyarakat (Humas). Terdapat empat program kerja yang dilaporkan oleh Ariska, yakni Study Comparative, Info Job an Scholarship for IHMSI, Communication dengan PJ Himpunan, dan IHMSI membership expansion. Laporan selanjutnya oleh Hanifa Puspa Anindya, Bendahara Umum Pusat dari Himasta FMIPA UNS. Terdapat empat program kerja yang dipaparkan, yakni Rencana Anggaran Dana Proker (RADP), uang kas IHMSI, transparansi keuangan IHMSI, dan rekapitulasi keuangan IHMSI. Selanjutnya laporan dari Pengembangan Organisasi (BPO) yang dipaparkan oleh Thalia Marda Santika dari HIMASTA FMIPA ITS selaku Kabid BPO. Terdapat dua program kerja yang dilaporkan yakni Monitoring, Evaluation and Data Center dan program kerja staff magang pusat IHMSI. Setelah itu, laporan dari Bidang Pengabdian Masyarakat (Pengmas) dan Badan Usaha(BU) yang disampaikan oleh Akmal Abdillah selaku Sekjend IHMSI. Terdapat tiga program kerja dari BU yaitu berupa pengadaan merchandise IHMSI, Enterpreneurship Education, dan PO Jaket II IHMSI. Sementara dari Bidang Pengmas melaporkan satu program kerja yang ada yaitu IHMSI peduli. Laporan selanjutnya dari Sekretaris Jenderal IHMSI, Akmal Abdillah yang akan membahas keseluruhan kegiatan dan kinerja sekjend selama setengah periode kepengurusan IHMSI sekaligus menutup agenda laporan pertanggungjawaban pengurus pusat IHMSI 2018-2020.

Hasil agenda selanjutnya yaitu laporan dari pengurus wilayah yang semestinya disampaikan oleh 5 Sekretaris Wilayah(Sekwil) dari masing-masing wilayah. Namun demikian, hanya Sekwil 3 dan Sekwil 4 yang dapat hadir dan selebihnya disampaikan oleh Akmal Abdillah selaku Sekjend IHMSI. Dilanjutkan hasil agenda ke-delapan yaitu laporan dari badan pengawas pusat yang dihadiri oleh 2 orang yakni, Lingga dari HIMASTA FMIPA UNS selaku Koordinator Badan Pengawas Pusat dan Arif Imam Fauzi dari HIMATIKA FMIPA UNY selaku Ketua Badan Pengawas Wilayah 3. Badan pengawas memaparkan dan menilai kinerja dari pengurus IHMSI baik pusat maupun wilayah. Memasuki agenda sidang yang terakhir yakni reshuffle pengurus. Dalam agenda ini ditanyakan kepada Sekjend, masing-masing Kabid, Sekwil, dan Badan Pengawas terkait kebutuhan reshuffle pengurus dengan hasil kesepakatan bersama untuk tidak diadakannya reshuffle.

Keputusan ini telah diputuskan atas beberapa pertimbangan, salah satunya adalah keinginan untuk diselesaikannya berbagai masalah selama setengah periode secara internal. Dan dalam agenda ini muncul usulan yang cukup menarik yakni terkait beberapa pengurus yang sudah yudisium dan masih menjabat. Hal yang dipermasalahkan adalah terkait nama dari organisasi ini yang mengandung kata “Mahasiswa” tetapi diurus oleh non mahasiswa. Namun, karena hal ini belum diatur lebih lanjut di ad/art, semua peserta sepakat untuk tidak membahas hal ini lebih lanjut dan beberapa peserta berencana membawa usulan ini ke munas yang di dalamnya juga terdapat agenda terkait ad/art. Pembahasan reshuffle tersebut sekaligus menutup acara Mustanas I IHMSI. Pada pukul 23:15 para peserta dipersilakan untuk kembali ke kamar masing-masing untuk beristirahat.

Sabtu, 14 Maret 2020 acara Mustanas I IHMSI dilanjutkan dengan beberapa agenda sebagai penutupan acara Mustanas I IHMSI yang telah terlaksana pada hari kamis hingga sabtu. Agenda ini berupa field trip di Surabaya, game outbond di kampus UNIPA hingga mengantarkan ke tempat-tempat pemberhentian tranportasi untuk mengantarkan para delegasi kembali ke kampus masing-masing. Acara ini berlangsung dengan membawa hasil baik dalam kemajuan IHMSI.